Selasa, 11 Juli 2017

Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Sangat Tinggi?

keanekaragaman hayati indonesia
Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi? Kalau bahasa kerennya itu, biodiversity. Pasalnya, Indonesia dipenuhi oleh berbagai jenis flora dan fauna. Jika kamu menemukan pertanyaan seperti itu dalam tugas/PR atau apapun, kamu beruntung sebab kali ini kita akan membahas itu semua.

Menurut data yang ada, paling tidak ada sebanyak 38.000 jenis tumbuhan, 3.000 jenis lumut, 4.000 jenis paku, dan 20.000 jenis tumbuhan biji (8% dari dunia) yang telah diselidiki di Indonesia. Wow! Banget! Namun sayangnya, dari sekian banyak tumbuhan itu hanya 10% yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Sisanya yang 90% itu kemana?

Well, untuk menjawab pertanyaan mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi tadi, kita harus bahas data yang lebih banyak lagi. Kali ini dari penelitian IBSAP pada tahun 2003 setidaknya terdapat 515 jenis mamalia (36% endemik, peringkat pertama dunia), 35 jenis primate (25% endemik), 511 jenis reptil, 1.531 jenis burung (sebagian jenis endemik), 270 jenis amfibi, dan 212 jenis kupu-kupu (44% endemik) di Indonesia. Kurang banyak apa coba.

Pertanyaannya, kok bisa gitu? Yuk kita bahas.

Mengapa Keanekaragaman Hayati Indonesia Sangat Tinggi

Alasan pertama adalah karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki 2 zona geografi yaitu wilayah oriental (Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan) dan wilayah australian (wilayah Timur Indonesia)

Alasan kedua yaitu karena banyaknya pulau-pulau di Indonesia yang tidak tersentuh manusia sehingga tingkat endemisnya tinggi, flora dan fauna di sana masih terjaga.

Ketiga, Indonesia memiliki laut yang luas sehingga kekayaan lautnya melimpah dan beragam

Keempat, Indonesia memiliki daerah hutan yang luas sebagai tempat hidupnya flora dan fauna, di samping itu hutan Indonesia relatif masih terjaga sehingga flora dan fauna tersebut terlindungi.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan, mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi? Kekayaan Indonesia ini adalah aset yang sangat penting dan perlu dijaga oleh semua kalangan lho, Sob. Dari yang tua hingga yang muda, bahkan siswa di sekolah sekalipun. Jagalah kekayaan alam Indonesia karena dengan kekayaan alam dan keanekaragaman hayati itulah Indonesia menjadi negara yang besar dan dikenal oleh negara lain.

Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Sangat Tinggi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Klubelajar

0 komentar:

Posting Komentar