Kata Ganti Subjek Orang Pertama dalam Bahasa Minang - Minangnese

Jumat, 20 November 2015

Kata Ganti Subjek Orang Pertama dalam Bahasa Minang

Halo dunsanak. Apo kaba? Lai sehat-sehat se? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat walafiat dan senantiasa dalam lindungan-Nya. Kali ini Blog Bahasa Padang ingin berbagi dengan dunsanak tentang kata ganti subjek orang pertama dalam bahasa Minang, dengan kata lain kata ganti aku dalam bahasa Minang. Check this out!

Dalam percakapan kita sering menggunakan kata ganti untuk subjek orang pertama di samping kita menggunakan nama kita sendiri. Seperti contoh kata “aku” dan “saya” untuk orang pertama tunggal dan kata “kami” dan “kita” untuk orang pertama jamak. Nah, sekarang muncul pertanyaan, dalam bahasa Minang apa saja kata ganti aku, saya, kami dan kita itu. Berikut penjelasannya.

Kata ganti subjek orang pertama tunggal
Banyak kata ganti orang pertama yang bisa kita gunakan dalam bahasa Minang, namun masing-masing dari kata ganti tersebut tentu memiliki wilayah penggunaan masing-masing. Seseorang harus berpikir dulu sebelum menyebut dirinya dengan salah satu kata ganti orang pertama itu. Kaidah seperti kato nan ampek adalah hal mutlak yang harus dipegang dalam komunikasi sosial di ranah Minang.

Kalau biasanya kita menggunakan “aku” dan “saya” dalam bahasa Indonesia yang baku, maka dalam bahasa Minang kedua kata ganti tersebut dapat diterjemahkan menjadi beberapa kata di bawah ini:
  • Ambo   
  • Awak
  • Denai
  • Aden
Empat kata ganti orang pertama di atas sudah diurut dari yang paling sopan hingga paling kasar. Kata “ambo” berasal dari kata “hamba”, kata ganti orang pertama yang paling sopan dan lembut yang mencerminkan sifat rendah hati seseorang. Kata “awak” adalah kata ganti yang umum digunakan untuk semua kalangan. Kata “denai” biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang sudah dekat dengan kita. Kata “denai” sendiri lebih sering muncul di karya seni seperti sastra dan lagu. Yang lebih umum digunakan dari “denai” adalah kata terakhir yaitu “aden”, namun tidak dianjurkan bagi dunsanak untuk menggunakan kata ini karena nanti akan dinilai kasar, apalagi bagi dunsanak yang bukan orang Minang.

Kata ganti subjek orang pertama jamak
Untuk kata ganti orang pertama jamak tidak banyak mengalami perubahan, kata “kami” tetap menjadi “kami” dalam bahasa Minang. Kata “kita” hanya berubah sedikit menjadi “kito”.

Nah, itulah penjelasan mengenai kata ganti subjek orang pertama dalam bahasa Minang, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Salam semangat dunsanak.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda